TUGAS 1 !
1. Apakah Semua perusahaan melaksanakan konsep pemasaran ? dapatkah
anda menyebutkan perusahaan mana yang tidak membutuhkan orientasi ini ? perusahaan mana yang paling membutuhkan?
2. Buat analisis SWOT ( kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) bagi
perusahaan anda
3. Pra pemasar sangat berkepentingan terhadap jumlah dan komposisi
rumah tangga. Dengan cara bagaimana komposisi rumah tangga ini bias
mempengaruhi pasar.
4. Ada pepatah kuno di spanyol “untuk menjadi petarung melawan banteng,
pertama-tama anda harus belajar menjadi seekor banteng “. Apa yang dapat anda
jelaskan mengenai pepatah tersebut bila dikaitkan dengan manajemen pemasaran.
5. Jelaskan statemen anda bagaimana cara memulai sesuatu usaha, apabila
dalam memulainya masih diiringi rasa takut untuk mencoba !
6. Pada hakekatnya suatu pemasaran harga jual akan sama saja dengan
peningkatan kegiatan pemasaran serta peningkatan profit. Jelaskan mengapa dan
bagaimana pemotongan harga dapat diartikan sebagai peningkatan kegiatan
pemasaran dan caranya tanpa menurunkan harga jual agar dapat menekan biaya
perusahaan dapat meningkatkan jumlah keuntungan!
Jawab :
1. Ya, setiap perusahaan pasti menerpkan dan melaksanakan konsep
pemasaran cum tergantug prosentase pemasaran itu seperti apa karena walaupun
hanya untuk menjangkau ke pasar, kita tetap membutuhkan distributor. Perusahaan
pemerintah tidak membutuhkan orientasi konsep pemasaran dikarenakan sudah pasti
akan menarik bagi masyarakat. Perusahaan yang paig membutuhkan adalah
perusahaan swasta karena adanya persaingan dengan sesame perusahaan swasta.
2. Kekuatan : sebagai True Team maka sesama anggotanya harus trust each
other, respect each other, understand each other and enjoy each other..
Kelemahan :
1. bisa dari diri sendiri or lingkungan
karena kurang pemahamannya tentang product yang dibuat sendiri bisa
menjadi kelemahan fatal.
2. Tekanan dari luar, adanya pesaing dengan kemampuan memasarkan dan
product yang sama yang membuat kita tertekan dan lemah.
Peluang : harus bisa
melihat peluang disesuaikan dengan situasi dan kondisi sasaran pasar.
Ancaman : jangan bermain
di tempat yang besar jika kita masih kecil dan kita harus mempelajari pangsa
pasar produk kita seperti apa, apakah termasuk golongan bawah, menengah atau
atas.
3. Jadilah manager pemasaran yang tau saingannya siapa dan pelajari
juga keuntungan bandingkan item per item (benefit apple to apple). Jangan
terlalu memaksakan product kalau memang customer kita tidak berkenan. Jadilah
seorang konsultan product yang bisa tahu solusi dari problem calon customer
kita.
4. Kalau kita ingin memasarkan suatu product, posisikan dirimu di
product saingan kamu kemudian pelajari plus dan minus dari product tersebut.
5. Takut mencoba itu wajar tapi coba pelajari lagi apa usaha kamu, mana
pangsa pasar kamu dan pahami kebutuhan konsumen akan product kamu seperti apa.
Hilangkan rasa takut, kuatkan rasa percaya diri karena usaha yang dimulai
dibuat lebih spesifik dan tidak terlau meluas.
6. Pemotongan harga itu otomatis harus dilakukan saat produk pesaing
mengcreate product yang sama dengan harga yang lebih murah tetapi tetap diingat
bahwa pemotongan harga jangan sampai lebih murah daripada modal produksi
barang, perhitungan bahwa untuk product suatu product , peningkatan suatu
product pasti diikuti dengan peningkatan mutu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar