Kamis, 09 Mei 2013

manajemen pemasaran


TUGAS 1 !

1.       Apakah Semua perusahaan melaksanakan konsep pemasaran ? dapatkah anda menyebutkan perusahaan mana yang tidak membutuhkan orientasi ini ?  perusahaan mana yang paling membutuhkan?

2.       Buat analisis SWOT ( kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) bagi perusahaan anda

3.       Pra pemasar sangat berkepentingan terhadap jumlah dan komposisi rumah tangga. Dengan cara bagaimana komposisi rumah tangga ini bias mempengaruhi pasar.

4.       Ada pepatah kuno di spanyol “untuk menjadi petarung melawan banteng, pertama-tama anda harus belajar menjadi seekor banteng “. Apa yang dapat anda jelaskan mengenai pepatah tersebut bila dikaitkan dengan manajemen pemasaran.

5.       Jelaskan statemen anda bagaimana cara memulai sesuatu usaha, apabila dalam memulainya masih diiringi rasa takut untuk mencoba !

6.       Pada hakekatnya suatu pemasaran harga jual akan sama saja dengan peningkatan kegiatan pemasaran serta peningkatan profit. Jelaskan mengapa dan bagaimana pemotongan harga dapat diartikan sebagai peningkatan kegiatan pemasaran dan caranya tanpa menurunkan harga jual agar dapat menekan biaya perusahaan dapat meningkatkan jumlah keuntungan!

Jawab :

1.       Ya, setiap perusahaan pasti menerpkan dan melaksanakan konsep pemasaran cum tergantug prosentase pemasaran itu seperti apa karena walaupun hanya untuk menjangkau ke pasar, kita tetap membutuhkan distributor. Perusahaan pemerintah tidak membutuhkan orientasi konsep pemasaran dikarenakan sudah pasti akan menarik bagi masyarakat. Perusahaan yang paig membutuhkan adalah perusahaan swasta karena adanya persaingan dengan sesame perusahaan swasta.
2.       Kekuatan : sebagai True Team maka sesama anggotanya harus trust each other, respect each other, understand each other and enjoy each other..
Kelemahan : 
1.       bisa dari diri sendiri or lingkungan  karena kurang pemahamannya tentang product yang dibuat sendiri bisa menjadi kelemahan fatal.
2.       Tekanan dari luar, adanya pesaing dengan kemampuan memasarkan dan product yang sama yang membuat kita tertekan dan lemah.
Peluang : harus bisa melihat peluang disesuaikan dengan situasi dan kondisi sasaran pasar.
Ancaman : jangan bermain di tempat yang besar jika kita masih kecil dan kita harus mempelajari pangsa pasar produk kita seperti apa, apakah termasuk golongan bawah, menengah atau atas.
3.    Jadilah manager pemasaran yang tau saingannya siapa dan pelajari juga keuntungan bandingkan item per item (benefit apple to apple). Jangan terlalu memaksakan product kalau memang customer kita tidak berkenan. Jadilah seorang konsultan product yang bisa tahu solusi dari problem calon customer kita.
4.    Kalau kita ingin memasarkan suatu product, posisikan dirimu di product saingan kamu kemudian pelajari plus dan minus dari product tersebut.
5.    Takut mencoba itu wajar tapi coba pelajari lagi apa usaha kamu, mana pangsa pasar kamu dan pahami kebutuhan konsumen akan product kamu seperti apa. Hilangkan rasa takut, kuatkan rasa percaya diri karena usaha yang dimulai dibuat lebih spesifik dan tidak terlau meluas.
6.    Pemotongan harga itu otomatis harus dilakukan saat produk pesaing mengcreate product yang sama dengan harga yang lebih murah tetapi tetap diingat bahwa pemotongan harga jangan sampai lebih murah daripada modal produksi barang, perhitungan bahwa untuk product suatu product , peningkatan suatu product pasti diikuti dengan peningkatan mutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar