Senin, 15 April 2013

Perubahan Jadwal UN 2013


          Dari tahun 1945 sampai dengan sekarang berarti sudah 58 tahun ujian nasional diadakan belum pernah ada istilah Diundurkan.  Jika tahun 2013, era milenium ini pemerintah mengumumkan di media informasi bahwa untuk wilayah timur berisikan 11 propinsi diundur ujian nasionalnya, mau taruh dimana tow mukanya....
          Salah satu cara adalah menyalahkan perusahaan percetakan soal. Padahal jika secara logika kita berpikir, jika ini adalah tender yang dimenangkan oleh beberapa perusahaan percetakan maka besar kemungkinan semua kesalahan terdapat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
          Mulai dari persiapan ujian nasional yang kurang matang berefek pada smua instansi pendidikan di Indonesia. Lalu kok bisa ujian nasional dilaksanakan tidak serempak? Kalau ujian nasional hanya sekedar kedok dan formalitas saja, lebih baik tidah usah diadakan ujian nasional, akan lebih menghemat biaya pendidikan.
          Lebih baik dari pada menghamburkan uang untuk pengadaan ujian nasional, uang tersebut dissalurkan untuk membantu peserta didik yang kurang mampu dalam biaya sekolah.
Ini adalah jadwal Ujian Nasional untuk SMK terawal :
NO
HARI / TANGGAL
PUKUL
MATA PELAJARAN
1
Senin. 15 April 2013
07.30 09.30 wita
Bahasa Indonesia
2
Selasa, 16 April 2013
07.30 09.30 wita
Bahasa Inggris
3
Rabu, 17 April 2013
07.30 09.30 wita
Matematika
4
Kamis, 18 April 2013
07.30 09.30 wita
Kompetensi Kejuruan
Jadwal inipun berubah atas info Sabtu, 13 April 2013 pukul 22.00 wita. Bagaimana kita memberitahu kepada peserta ujian tentang pengunduran jadwal ini? Sangat pasti para peserta akan datang hari senin, 15 April 2013 sesuai jadwl untuk mengikuti ujian nasional lalu kemudian diinfokan setelah itu dipulangkan. Benar-benar tidak profesional sekali.
Ini adalah jadwal Ujian Nasional untuk SMK kedua :
NO
HARI / TANGGAL
PUKUL
MATA PELAJARAN
1
Rabu, 17 April 2013
07.30 09.30 wita
Matematika
2
Kamis, 18 April 2013
07.30 09.30 wita
Kompetensi Keahlian
3
Jumat, 19 April 2013
07.30 09.30 wita
Bahasa Indonesia
4
Senin, 22 April 2013
07.30 09.30 wita
Bahasa Inggris
Lalu berdasarkan email resmi Bapak Menteri Pendidikan, maka jadwal terbarunya :
NO
HARI / TANGGAL
PUKUL
MATA PELAJARAN
1
Kamis, 18 April 2013
07.30 09.30 wita
Kompetensi Keahlian
2
Jumat, 19 April 2013
07.30 09.30 wita
Matematika
3
Senin, 22 April 2013
07.30 09.30 wita
Bahasa Indonesia
4
Selasa, 23 April 2013
07.30 09.30 wita
Bahasa Inggris
Nah, jadwal ini tidak tahu apakah akan mengalami pengunduran lagi? Kalau memang akan mengalami pengunduran lagi, lebih baik tidak usah diadakan ujian nasional tingkat SMK tetapi luluskan saja 100%. Karena tiap guru disekolah masing-masing lebih tahu tentang kelayakan seorang peserta didik untuk lulus atau tidak.

Rabu, 03 April 2013

Manajemen Operasi dan Pendidikan


PERTANYAAN
1.    Sebutkan perbedaan antara produksi  dan operasi !
2.    Gambarkan proses transformasi pada tubuh kita !
3.    Bagaimana manajemen operasi diterapkan di sebuah perguruan tinggi ?
4.    Jelaskan pula penerapan TQM pada lembaga pendidikan !
5.    Jelaskan pula proses untuk mendapatkan ISO 9000!

Jawaban
  1. Perbedaan antara produksi dan operasi yaitu :
a.    Pengertian :
Produksi merupakan keseluruhan dari proses barang dan jasa pada perusahaan yang meliputi pencarian ide, perencanaan desain teknis dan juga pengerjaan. Produksi adalah bagian dari fungsi operasi
Operasi merupakan kesatuan kegiatan dari keseluruhan fungsi yang ada diperusahaan untuk melaksanakan rencana strategis untuk dapat terus bertahan dan beroperasi.
b.    Ruang Lingkup :
Dalam melaksanakan produksi suatu perusahaan, diperlukan suatu manajemen yang berguna untuk menerapkan keputusan-keputusan dalam upaya pengaturan dan pengkoordinasian penggunaan sumber daya dari kegiatan produksi yang dikenal sebagai manajemen produksi dan manajemen operasional.
Menurut beberapa ahli, manajemen produksi adalah cara berproduksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas dengan biaya yang optimal.
Manajemen operasi adalah serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.
Maka ruang lingkup analisis dalam manajemen operasi adalah keseluruhan proses yang terdapat dalam suatu perusahaan.
  1. Proses transformasi pada tubuh kita, sebagai berikut :
INPUT
PROSES
OUTPUT
  1. Makanan yang kita makan sehari-hari.
Makanan tersebut mengalami proses pembakaran dalam tubuh yang disebut metabolisme intern. Pembakaran tersebut melalui proses kimia yang kompleks terbentuk  molekul ATP.
Molekul ATP yang terbentuk ketika dikeluarkan menjadi tenaga untuk melakukan kerja/aktifitas sehari-hari.


  1. Manajemen operasi diterapkan disebuah perguruan tinggi :
Manajemen operasi merupakan satu dari fungsi manajemen (fungsional management) dalam perguruan tinggi,  selain pemasaran, keuangan, SDM, maka operasi adalah satu fungsi yang sangat penting dalam menjalankan sebuah perguruan tinggi.
Manajemen operasi memiliki karakterikstik tersendiri sehingga sangat berguna ketika diterapkan di sebuah perguruan tinggi yaitu :
a.    Mempunyai tujuan yaitu menghasilkan produk yang berkualitas yaitu lulusan SDM perguruan tinggi .
b.    Mempunyai kegiatan yaitu proses transformasi belajar mengajar dalam ruang kelas di perguruan tinggi.
c.    Adanya mekanisme yang mengendalikan pengoperasian belajar mengajar dalam ruang kelas di perguruan tinggi maupun pengoperasian tugas masing-masing warga perguruan tinggi.
Sesuai dengan definisinya, manajemen operasi secara berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengatur kegiatan produksi/operasi sehingga menghasilkan nilai dalam bentuk layanan jasa dalam pendidikan/produk ungulan  dengan mengubah input menjadi output.
Di perguruan tinggi, manajemen operasi sebagai pengelola system transformasi yang mengubah masukan system menjadi layanan jasa pendidikan/produk unggulan melalui teknologi proses dengan menunjukkan informasi umpan balik dan selalu berinteraksi dengan lingkungannya.
  1. Penerapan TQM pada lembaga pendidikan 
Dalam era globalisasi, masyarakat banyak yang berbicara tentang “mutu” terutama berhubungan dengan pekerjaan yang menghasilkan produk unggulan atau layanan jasa pendidikan. Suatu produk dibuat karena ada yang membutuhkan, agar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggannya.
TQM adalah system pengendalian mutu yang didasarkan pada filosofi bahwa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya merupakan hal yang utama dalam setiap usaha yang dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut, budaya kerja dalam lembaga harus dibina dna dikembangkan dengan baik.
Pendidikan sebagai pelayanan jasa dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan baik masa kini maupun masa yang akan datang. Dengan pendekatan TQM diharapkan pendidikan akan dapat menghasilkan lulusan yang bermutu dan dapat meningkatkan mutu secara berkesinambungan. Dimana prinsip TQM adalah lebih baik membuat produk yang berkualitas tetapi dengan biaya yang optimal, sehingga dengan harga yang kompetitif tidak mengurangi mutu pendidikan.
Dasar penerapan TQM di sekolah sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pelayanan jasa dan peningkatan kualitas lulusan. Sekolah adalah area penggunaan TQM yang menjadi pilihan terbaik yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas, sehingga perlu memperhatikan sarana dan prasarana, SDM (KepSek, Guru dan Karyawan), Konsumen jasa pendidikan (Siswa).
Mutu terpadu pendidikan dipahami sebagai suatu proses yang melibatkan pemusatan pada pencapaian kepuasan harapan pelanggan pendidikan, perbaikan terus menerus, pembagian tanggung jawab dengan para pegawai dan pengurangan pekerjaan tersisa dan kemudian pengerjaan kembali.
  1. Proses untuk mendapatkan ISO 9000
ISO adalah sekelompok standar yang diakui secara Internasional tentang Sistem Manajemen Mutu ditetapkan oleh Organisasi Standar Internasional. Penerapan standar ini dapat meningkatkan kualitas produk akhir dan mengurangi biaya namun tidak boleh digunakan untuk kualitas suatu produk/profitabilitas bisnis.
ISO 9000 berbicara tentang management system. Mengimplementasikan klausul-klausul yang ada di persyaratan ISO 9000 adalah proses untuk mendapat serifikat ISO yaitu :
1.    Telah menerapkan system manajemen mutu ISO 9000 sekurang-kurangnya tiga bulan secara konsisten.
            2. Lulus Audit Sertifikasi. 

PEREMPUAN BALI MEMILIKI HAK YANG SAMA DENGAN LELAKI BALI


Sumberkima, 3 April 2013

Dahulu perempuan bali selalu rendah dimata masyarakat bali, dimana mereka hanya boleh menerima apa yang sudah menjadi takdirnya sebagai perempuan bali. Tidak mendapatkan pendidikan yang cukup, usia dini mereka harus membantu orang tua diladang ataupun didapur sangat kontras dengan lelaki bali dimana pada usia dni mereka bisa mengecap rasanya bermain. Dan ketika mereka sudah memasuki mahligai perkawinan seakan-akan mereka dibuang dari keluarganya, mereka tidak mau tahu apa yang terjadi pada anak perempuan mereka setelah berumah tangga, apakah bahagia? Apakah sengsara? Mereka selalu tersiksa perasaannya ketika harus berbagi suami dengan perempuan lain, kerja keras membanting tulang untuk menghidupi suami dan anak-anaknya, sedangkan suaminya asyik mabuk, judi bahkan main perempuan. Para lelaki hanya bisa memukul, menyiksa, menakuti hanya untuk menunjukkan kekuatan mereka atas seorang perempuan yang disebut ISTRI.

Seorang istri adalah untuk disayangi, seorang istri adalah untuk dihargai dan dikasihi karena mereka rapuh dibalik ketegarannya, terluka dalam kepatuhannya, menangis darah dalam kegembiraannya. Apalagi jika kekuatan yang tidak pada logisnya diterima dan dipertontonkan kepada anak-anak yang mengakibatkan mereka selalu hidup dalam ketakutan, kecemasan dan randah diri ketika mereka berada dalam lingkungan yang berbeda.  

Sakit ketika melepaskan keperawanannya, 9 bulan mengandung seorang anak dengan segala masalahnya tanpa lelaki dapat membantunya, melahirkan dan merawat anak-anak tanpa lelah Lalu ketika sebuah keputusan berat diambil, sebuah langkah ingin hidup bebas dan damai dengan buah hatinya, kaum lelaki bali dengan seenaknya mengambil anak-anak mengatasnamakan PURUSA.  Jika ingin berlogis ria, ketika mereka tersiksa oleh darahnya PURUSA, apakah mereka bisa membantu? Menolong? Atau melindungi? Orang yang mengatasnamakan PURUSA adalah orang kerdil dan picik yang hanya bisa berkoar dan bersabda tapi tidak bisa menunjukkannya. Leluhur itu selalu ada menyertai setiap langkah kita, mereka selalu memberikan berkah ketika dalam sakitpun kita selalu bersyukur apalagi dalam keadaan senang. Dimanapun kita berada, dengan siapapun kita bersama, leluhur selalu mendampingi kita.

Hal diatas hanya segelintir masalah yang dapat dijumpai pada perempuan Bali. Namun Perempuan bali itu kuat, perempuan bali itu hebat, dan perempuan bali itu tidak bodoh hanya keadaan dan situasi dalam keluarga yang kolot dan lingkungan yang saklek yang membuat mereka terkukung. “ Ingat selalu dibalik punggung seorang lelaki yang hebat berada seorang perempuan yang kuat “.

Dengan semakin canggihnya teknologi dan semakin maju cara berpikirnya masyarakat bali, terjadilah sedikit demi sedikit perubahan atas kedudukan seorang perempuan bali. Mulai dari persamaan hak atas harta warisan, persamaan gender atas kedudukan dalam keluarga dan bisa mengasuh anak-anak walaupun mereka bercerai dengan suaminya, karena bagaimanapun anak-anak lebih nyaman dengan ibunya ketmbang bapaknya...dan hal itu tidak bisa dipungkiri dan terjadi pada sebagian besar perempuan bali. 

DIA Maha Segalanya

DIA tidak pernah tidur
DIA tahu apa yang terjadi
DIA mendengar kegalauan hati

Namun kita harus menerima
menerima setiap ujian dan derita dari NYA
kuatkah kita menahan setiap penderitaan itu....

Karena manusia selalu egois
Ingin didengarkan tapi tak mau mendengar
Ingin diperhatikan tapi tak mau memperhatikan
Ingin meminta tapi tak mau memberi


Manusia hanya bisa menghujat
Manusia hanya bisa berteriak 
Manusia hanya bisa munafik
Tetapi ....
Manusia hanya bisa luluh dengan CINTA KASIH