1.
PIMPINAN MEMINTA SAUDARA UNTUK MELAKSANAAN PERENCANAAN SUMBER DAYA
MANUSIA DIMANA PERUSAHAAN INI BERGERAK DI BIDANG AKOMODASI PERHOTELAN YANG DIBANGUN PADA WILAYAH YANG BARU
BERKEMBANG !, PADA TAHAP AWAL PIHAK
OWNER (KOMISARIS) PEMBANGUNAN KAMAR HOTEL INI SEBANYAK 200 KAMAR,DARI 1,000
KAMAR YANG DIRENCANAKAN DENGAN FASILITAS
BINTANG 3 , PADA AREA TERSEBUT JUGA DILENGKAPI
RESTORAN , DAN SEJUMLAH PASILITAS YANG MEMADAI UNTUK PELAYANAN YANG NANTI DIBERIKAN UNTUK HOTEL TERSEBUT.
UNTUK
HAL TERSEBUT SAUDARA DIMINTA UNTUK MEMBUAT KONSEP-KONSEP PERENCANAAN SDM ,
MELIPUTI
:
A.PENGADAAN
DAN SELEKSI
B.PENGEMBANGAN
KARYAWAN
C.PROMOSI
DAN PENGEMBANGAN KARIR
D.PENILAIAN
PRESTASI KERJA
E.
KOMPENSASI DAN KEPUASAN KERJA
JAWABAN :
Sebelum membuat konsep
perencanaan SDM, terlebih dahulu saya pahami pengertian manajemen sumber daya manusia yaitu suatu proses yang terdiri dari
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan
yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan,
pengembangan, kompensasi, promosi dan PHK guna mencapai tujuan yang ditetapkan.
Pengelolaan SDM
haruslah profesional dan akuntabel untuk kesejahteraan masyarakaat dan menjawab
tantangan globalisasi. Globalisasi menuntut daya saing yang pada hakekatnya
kualitas seluruh produk atau jasa sehingga membutuhkan SDM yang berkualitas. SDM
berkualitas merupakan faktor yang menentukan maju atau tidaknya suatu
organisasi sehingga perlu mendapatkan pembekalan pengetahuan jadi dapat
tercapai keunggulan kompetetif.
Secara umum, perencanaan sumber daya manusia
merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan
bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk
memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi tersebut.
Perencanaan SDM pada
perusahaan hotel sangat dibutuhkan dikarenakan: perubahan yang cepat, ketidakpastian mengenai kondisi bisnis,
peningkatan biaya-biaya, perubahan cepat dari teknologi, tenaga kerja terlatih
semakin terbatas, cepatnya perubahan Peraturan Pemerintah dan meningkatnya globalisasi
industri. Perencanaan SDM perusahaan hotel ada dikarenakan: meningkatnya daya guna pegawai, kaderisasi,
kepastian kedudukan dan masa depan pegawai, pengendalian jenis dan jumlah
pgawai, dan anggaran belanja pegawai. Perencanaan Sumber Daya Manusia pada
bisnis hotel memberikan beberapa manfaat yaitu :
1.
Kegiatan inventarisasi tentang sumber daya manusia
meliputi :
a.
Jumlah karyawan yang ada.
b.
Kualifikasi
c.
Masa Kerja karyawan
d.
Pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki
e.
Bakat
f.
Minat karyawan
Hasil
inventarisasi berhubungan dengan beberapa kepentingan, seperti :
1.
Promosi karyawan
2.
Peningkatan kemampuan
3.
Mutasi antar departemen
2.
Efektifitas kerja dapat lebih ditingkatkan apabila sumber daya manusia yang
ada telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan hotel.
3.
Produktifitas dapat lebih ditingkatkan karena memiliki data tentang
pengetahuan, pekerjaan, dan pelatihan yang telah diikuti oleh sumber daya
manusia.
4.
Keterkaitan dengan penentuan kebutuhan tenaga kerja di masa yang akan
datang, baik dalam jumlah maupun dalan kualifikasinya untuk menjabat suatu
posisi tertentu.
5.
Penanganan informasi ketenagakerjaan secara cepat dan tepat dengan
mengandalkan teknologi canggih terasa seakan SDM perusahan hotel tersebut sudah
memiliki kesiapan yang matang dengan era globalisasi.
Konsep perencanaan SDM
berkualitas di perusahaan hotel meliputi beberapa hal yaitu :
1. Pengadaan dan Seleksi
Perusahaan hotel ini
harus menekankan tiga tahapan yang sangat penting pada pengadaan (recruitment),
pemeliharaan (maintenance) dan pengembangan (development), maka dimulailah
tahapan pertama yang harus dilakukan yaitu : recruitment yang diartikan sebagai
suatu proses kegiatan mengisi formasi yang kosong, dimulai dari perencanaan,
pengumuman, pelamaran, penyaringan, pengangkatan dan penempatan
Pengadaan SDM dapat
melalui dua cara, yaitu : dari luar (from outside) dan dari dalam (from within).
Recruitment from outside dapat
dilakukan dengan proses open competition didasarkan standar dan mutu yang dapat
diukur dengan tahapan memasang iklan lowongan di media umum dan menerima SDM
baru sesuai dengan kriteria jabatan yang dicari, hasil test tertulis dan tes
wawancaranya. Recruitment from within
merupakan perekrutan pemanfaatan SDM yang sudah ada dan SDM yang terpilih pun
merasa adanya peningkatan karier, . Misalnya dengan promosi atau tanpa promosi,
kenaikan jabatan atau mutasi antar departement.
Dalam pengadaan SDM
sesuai mutu dan standar dengan kebutuhan, sebagai pembuat konsep perencanaan
SDM berkualitas di perusahaan hotel kami, dibuatlah:
1.
Analisis pekerjaan
2.
Deskripsi pekerjaan
3.
Spesifikasi pekerjaan
Seleksi adalah kegiatan
dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses pengadaan selesai dilakukan.
Dan proses seleksi adalah langkah-langkah yang harus dilalui oleh para pelamar
sampai pada akhirnya memperoleh keputusan diterima atau ditolak.
Tujuan seleksi itu
sendiri yaitu :
a.
Menjamin perusahaan hotel memiliki karyawan yang tepat untuk suatu
jabatan/pekerjaan.
b.
Memastikan keuntungan investasi SDM perusahaan hotel
c.
Mengevaluasi dalam memperkerjakan dan menempatan SDM sesuai minat dan
diselaraskan dengan kebutuhan di perusahaan hotel.
d.
Memperlakukan SDM adil dan tidak diskrimanasi
e.
Memperkecil munculnya tindakan buruk yang bisa mempengaruhi citra
perusahaan hotel.
Dalam proses ini, pada
perusahaan hotel yang sedang berkembang mencari SDM produktif, sebagai berikut:
1.
Cerdas dan dapat belajar cepat
2.
Kompeten secara profesional
3.
Kreatif dan inovatif
4.
Memahami pekerjaan
5.
Belajar dengan cerdik
6.
Selalu mencari perbaikan
7.
Bernilai
8.
Selalu meningkatkan diri.
Hasil seleksi didapat
untuk kemudian menempatkan SDM baru (internal maupun eksternal) ke posisi atau
jabatan atau departement yang dituju, maka orientasi terhadap lingkungan baru
dilaksanakan.
Orientasi adalah
program yang dirancang untuk menolong pegawai baru (lulus seleksi) baik SDM
internal maupun eksternal mengenal pekerjaan dan perusahaan tempatnya bekerja.
Program ini lebih dikenal dengan sebutan induksi. Beberapa aspek tercakup dalam
program orientasi, yaitu :
a.
Masalah organisasional, meliputi : sejarah singkat perusahaan hotel,
organisasi hotel, nama dan jabatan para direktur, layout fasilitas yang
tersedia, periode percobaan, kebijaksanaan dan aturan perusahaan hotel,
peraturan kedisplinan, prosedur keamanan, buku pedoman karyawan, proses
produksi dan produk/jasa yang dihasilkan.
b.
Perkenalan dengan staf pelaksanaan, meliputi : atasan, pelatih, rekan
sekerja dan bagian bimbingan karyawan.
c.
Tunjangan karyawan, meliputi : upah/gaji, cti dan libur, jam istirahat,
latihan dan pendidikan, konseling, asuransi, program pensiun, pelayanan
organisasi terhadap karyawan dan program rehabilitas.
d.
Tugas-tugas jabatan, seperti : lokasi pekerjaan, tugas-tugas pekerjaan,
kenutuhan keamanan, fungsi jabatan, sasaran pekerjaan, dan hubungan/keterkaitan
dengan pekerjaan lainnya.
2. Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pandangan terhadap
pekerja dalam kerangka hubungan kerja pada organisasi adalah :
1.
Pekerja dianggap sebagai barang dagangan.
2.
Pekerja dianggap sebagai SDM
3.
Pekerja dianggap sebagai mesin
4.
Pekerja dianggap sebagai manusia
5.
Pekerja dianggap sebagai partner
Fungsi pengembangan
(development) adalah untuk perbaikan
efektifitas kerja dengan cara memperbaiki pengetahuan, ketrampilan maupun sikap
karyawan.
Apabila perusahaan
hotel ingin maju dan berkembang, maka produktifitas harus lebih ditingkatkan
dengan dengan mengikutsertakan dalam pengembangan sumber daya manusianya
terlebih dahulu melalui pendidikan dan pelatihan. SDM harus menguasai pekerjaan
yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya sehingga peningkatan kemampuan dan
ketrampilan diikuti peningkatan disiplin kerja dan menghasilkan sesuatu secara
profesional dalam menangani langsung kepentingan perusahaan. Pendidikan yang
dimaksud dapat berupa:
a.
Courses
b.
Pendidikan akademi
Diperlukannya
Pembekalan pendidikan pada perusahaan hotel agar dapat lebih menguasai dan ahli
dibidangnya. Pelatihan diberikan kepada SDM diperusahaan hotel yang berkaitan
dengan peningkatan kemampuan dan ketrampilan SDM yang sudah menduduki suatu
jabatan atau tugas tertentu, berupa :
a.
Training
b.
Pelatihan-pelatihan Bintek tentang hotel
c.
Pameran yang berkaitan perusahaan hotel
d.
Sosialisasi ke travel-travel didampingi oleh SDM yang sudah terlebih dahulu
mampu dan terampil pada tugas dan jabatan tersebut.
Untuk menentukan
kelayakan SDM menerima pembekalan pendidikan dan pelatihan suatu jabatan atau
tugas tertentu, diperlukan 3 analisis : 1. Analisis perusahaan ; 2. Analisis
pekerjaan dan 3. Analisis pribadi. Hasil ketiga analisis ini, memberikan
gambaran tingkat kemampuan atau kinerja SDM pada perusahaan hotel. Kinerja atau
peformance SDM di perusahaan hotel dipengaruhi faktor ACIEVE singkatan dari
ability, capacity, incentive, environment, validity and evaluation.
3. Promosi dan Pengembangan Karier
Pemeliharaan
(maintenance) bertujuan untuk memelihara keutuhan SDM yang dimiliki, biasanya
berupa : rasa betah bekerja di perusahaan hotel dan mempunyai kemauan untuk
bekerja dengan sebaik-baiknya pada perusahaan hotel. Pengembangan bertujuan untuk meningkatkan dan
mengembangkan kemampuan SDM yang telah dimiliki, sehingga tidak akan tertinggal
oleh perkembangan perusahaan hotel serta IPTEK.
Pengembangan karier
adalah suatu pendekatan formal yang diambil dan digunakan organisasi untuk
menjamin, agar orang-orang dengan kecakapan dan pengalaman yang layak yang
tersedia ketika dibutuhkan.
Dapat dilakukan dengan
2 cara, yaitu :
1.
Pelatihan dan pengembangan ( training and development).
2.
Pengembangan karir ( carrier development )
Memberikan reward
kepada SDM yang berkualitas dapat berupa :
1.
Kenaikan jabatan (performance appraisal)
2.
Kompensasi langsung (direct compensation)
3.
Kompensasi tidak langsung (indirect compensation)
Dalam bentuk tabel,
dapat terlihat ruang lingkup manajemen sumber daya manusia di perusahaan hotel,
sebagai berikut :
NO
|
RUANG
LINGKUP
|
FUNGSI
OPERASIONAL
|
SUB FUNGSI
|
1
|
Pengadaan SDM
|
Pengadaan
|
Perencanaan SDM berupa:
-
Recruitment
-
Seleksi
-
Penempatan
-
Orientasi
|
2
|
Pengembangan SDM
|
Pengembangan
|
Berupa :
-
Pelatihan
dan pengembangan
-
Pengembangan
karier
|
3
|
Pemeliharaan SDM
|
Kompensasi Jabatan
Integrasi
Hubungan perburuhan
Pemutusan Hubungan Kerja
|
|
4. Penilaian Prestasi Kerja
Penilaian Prestasi
Kerja sebagai salah satu bagian dari alat-alat manajemen sumber daya alam
manusia (tools of human resource management). Bagian lain yang termasuk dari
alat-alat manajemen SDM adalah : analisa jabatan (job analysis) dan evaluasi
jabatan (job evaluation).
Penilaian Prestasi
Kerja dengan cara yang tepat dan standar atau target yang dinilai jelas dapat
meningkatakan motivasi dan gairah kerja SDM di perusahaan hotel. Penilaian Prestasi Kerja adalah proses formal
untuk melakukan peninjauan ulang dan evaluasi prestasi kerja seseorang secara
periodik. Di perusahaan hotel, penilaian prestasi kerja yang saya laksanakan dimulai
dari:
1.
Identifikasi terdiri atas
penentuan unsur-unsur yang akan diamati. Diawali dengan saya menganalisis pekerjaan agar dapat mengenali
unsur-unsur yang akan dinilai dan dapat mengembangkan skala penilaian. Dengan langkah mengidentifikasi seluruh SDM dari berbagai departemen yang
berkualitas dan menunjukkan integritas dan loyalitas yang tinggi kepada
perusahaan.
2.
Observasi saya lakukan secara diam-diam sehingga SDM tidak mengetahui kalau
mereka sedang di selidiki. Semua unsur diamati secara seksama
agar dapat dibuat penilaian yang wajar dan tepat
3.
Pengukuran atas pekerjaan mereka dapat dilakukan secara nyata dan diangkat
ke publik perusahaan hotel dengan terlebih dahulu mencantumkan nama-nama SDM
yang masuk ke tahap pengukuran dengan melakukan interview. Bagi SDM, pengukuran
atas pekerjaan ini sangat diperlukan dan dinantikan sebagai wujud kerja keras mereka selama dalam kurun
waktu.
4.
Saya akan melakukan penilaian terhadap SDM di perusahaan hotel dengan 3
cara penilaian yaitu : work standar,
forced distribution, Behaviorally Anchored Scales.
5. Kompensasi dan Kepuasan Kerja
Kompensasi yang
dimaksud adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada SDM sebagai balas jasa
atas kontribusi yang mereka berikan kepada perusahaan hotel.
Kompensasi merupakan
hal yang sangat kompleks, akan tetapi menjadi paling penting bagi SDM maupun
perusahaan hotel kami. Karena dengan adanya kompensasi ini, SDM di perusahaan
hotel ini lebih termotivasi untuk bekerja.
Tujuannya kompensasi
diberikan adalah :
1.
Untuk memperoleh SDM yang berkualitas baik SDM internal maupun SDM
eksternal.
2.
Untuk mempertahankan SDM yang produktif agar tetap setia dan lebih berkualitas
di perusahaan hotel.
3.
Untuk menjamin keadilan dalam hal pembayaran.
4.
Untuk penghargaan terhadap perilaku SDM sesuai yang diinginkan.
5.
Untuk mengendalikan biaya
6.
Untuk mengikuti aturan kerja UU Tenaga Kerja
7.
Untuk mendorong mereka berprestasi tinggi
Bentuk kompesasi yang
saya berikan dapat berupa:
1.
Gaji
2.
Insentif
3.
Kompensasi tidak langsung
Proses penentuan
kompensasi dimulai dari :
1.
Survey gaji
2.
Menentukan nilai tiap pekerjaan dalam perusahaan hotel melalui evaluasi
pekerjaan
3.
Mengelompokkan pekerjaan yang sama sejenis kedalam tingkat upah yang sama
pula
4.
Menetapkan harga tiap tingkatan gaji dengan menggunakan gaji upah
5.
Menyesuaikan tingkat upah dengan peraturan undang-undang yang berlaku
(menjamin gaji layak dan wajar).
Kompensasi sangat penting bagi SDM itu sendiri sebagai
individu, karena adanya kompensasi merupakan pencerminan atau ukuran nilai
pekerjaan SDM itu sendiri. Sebaliknya besar kecilnya kompensasi dapat
mempengaruhi prestasi kerja, motivasi dan kepuasan kerja karyawan. Apabila
kompensai diberikan secara tepat dan benar, maka para SDM akan memperoleh
kepuasan kerja dan termotivasi untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan hotel.
Akan tetapi bila kompensasi yang diberikan tidak memadai atau kurang tepat,
prestasi kerja, motivasi, dan kepuasan kerja SDM menurun dan hal ini juga
sangat mempengaaruhi tujuan perusahaan hotel yang tidak maksimal tercapai.
Demikian konsep-konsep perencanaan
SDM di perusahaan hotel yang saya buat. Agar bermanfaat untuk diterapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar